Berita Terkini

PULUHAN CALON OPERATOR SIAKBA IKUTI PELATIHAN DAN UJI COBA

BATU, kab-sumenep.kpu.go.id – Untuk kali kedua, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, kembali menggelar Pelatihan dan Uji Coba Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) bersama dengan 38 KPU kabupaten dan kota Se-Jawa Timur. Kegiatan tersebut dikuti tiga orang masing-masing kota/kabupaten yang meliputi Komisioner Divisi SDM Parmas, Kasubag Hukum dan SDM serta calon operator SIAKBA. Kegiatan tersebut dipusatkan di Kota Batu selama dua hari, sejak 6-7 Oktober 2022.

Puluhan calon operator mengikuti kegiatan tersebut selama dua hari dengan penuh seksama, sambil dipandu oleh operator Siakba KPU Provinsi Jawa Timur Andrie Susanto. Terutama hari kedua, pelatihan dan uji coba fokus pada tugas-tugas operator masing-masing kabupaten/kota untuk mengecek para pelamar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di masing-masing kecamatan.

“Operator SIAKBA nantinya harus jeli dan teliti terhadap berkas-berkas pelamar yang di upload dalam system terutama kelengkapan dan kesesuaian berkas masing-masing pelamar,” kata Andrie.

Kasubag SDM KPU Provinsi Jawa Timur itu menjelaskan, operator bisa melihat dengan jelas jumlah pelamar yang melalui online Siakba sekaligus bisa mendeteksi wilayah yang belum ada pelamarnya. System tersebut sangat memudahkan bagi pelamar tetapi memang harus memiliki kemampuan teknologi informasi (IT).

“Kita berharap dengan pelatihan ini calon operator benar-benar bisa dan mampu mengoperasikan system tersebut sehingga nantinya bisa disampaikan ke satkernya masing-masing,” harapnya.

SIAKBA adalah sistem baru di Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan digukan untuk kepentingan rekrutmen anggota KPU dan juga Badan Adhoc semisal PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara). Yang perlu disiapkan dalam sistem ini adalah email pribadi yang aktif karena setelah mendaftar akan ada notifikasi dari sistem lewat email untuk mengaktifkannya.

Selain itu, persiapkan foto KTP dan foto pelamar, NIK dan Nomor KK serta berkas-berkas pendaftaran yang dibutuhkan semisal ijazah terakhir dan surat kesehatan. Pelamar bisa mendownlod melalui aplikasi berbasis web itu terkait dengan kebutuhan pelamar, semisal darftar riwayat hidup.

Menu sederhananya dalam SIAKBA itu, setelah mendaftar akun lewat email, pelamar akan dihadapkan pada beberapa menu, yaitu memilih posisi pendaftaran apakah PPK atau PPS, mengisi Riwayat Hidup, Melengkapi Persyaratan, Mengirim data lalu Selesai.

Sementara dari KPU Kabupaten Sumenep, hadir Divisi SDM Parmas, Rafiqi, Kasubag Hukum dan SDM, Misdiyanto, serta calon operator Siakba, Musthafa. (Humas KPU Sumenep/Raf)

Bagikan:

facebook twitter whatapps

Telah dilihat 81 kali